Masa-Masa Training para idola Korea: Mesti menjalani pelatihan keras selama bertahun-tahun

Sering para orang biasa (termasuk aku) menganggap betapa menyenangkannya bisa menjadi idola di Korea. Menjadi artis tenar, tampil di TV, punya banyak fans dan mendapat banyak uang. Tapi banyak yang tidak tahu kalau untuk bisa menjadi artis yang tenar dan multi talenta mereka para idola ini harus menjalani pelatihan dalam masa training yang sangatlah ketat dan keras.

Idola-idola macam TVXQ, Super Junior, Big Bang, SNSD, 2NE1, 2PM, Wonder Girls dan masih banyak lagi pastinya sebelum mereka debut menjadi artis tentu terlebih dahulu harus merasakan susah payahnya menjadi murid training. Jika sekarang mereka bisa menikmati banyak fasilitas mewah, pada saat training dulu mereka hanya hidup pas-pasan dan mendapatkan fasilitas ala kadarnya dari perusahaan.

Namun menjadi murid training dari perusahaaan    besar macam YG, SM dan JYP bukanlah hal mudah.  Mereka harus menjalani audisi yang ketat sebelum akhirnya terpilih menjadi murid training. Sistem audisi setiap perusahaan berbeda. Disamping mengadakan audisi reguler (Yoona SNSD perlu menjalani 200 kali audisi macam ini sebelum akhirnya diterima menjadi murid training), SM sering mengadakan kompetisi menyanyi dalam Youth Best Selection. Beberapa artisnya yang ditemukan lewat ajang ini adalah Hero dan Max TVXQ, Shindong dan Kangin Super Junior serta aktris Go Ara. Selain itu sering pula mereka mengadakan audisi Global di Amerika dan Asia, beberapa yang lolos dalam audisi macam ini adalah Micky TVXQ, Henry Super Junior M, Hangeng Super Junior, Victoria serta Amber f(x). Saat ini banyak pula yang tidak pergi audisi secara langsung melainkan dengan hanya mengirimkan contoh demo kaset ke pihak SM, jika mereka menyukai demo tersebut maka sang pengirim bisa dipanggil untuk menjalani audisi lanjutan. Hanya beberapa artis SM yang beruntung ditemukan oleh pencari bakat. Kangta di temukan pada saat bermain di rena Lotte World, Seo Hyun SNSD ditemukan oleh pencari bakat di kereta api bawah tanah malah Tiffany SNSD yang ditemukan pencari bakat di Toilet umum.

Selama menjadi murid traing SM, mereka mendapatkan pelatihan tari, Vokal, akting, bahasa asing serta mengubah lagu. Lama masa mereka training pun dapat memakan waktu bertahun-tahun. Jessica, Sooyoung dan Hyoyeon SNSD bahakan menjalani training selama 7 tahun, Eeteuk dan Donghae juga cukup lama menjalani training yaitu sekitar 6 tahun.


Seperti halnya SM, JYP juga menerapkan sistem perekrutan artis training yang serupa yaitu dengan menggelar berbagai macam audisi. Ada audisi publik yang rutin dilaksanakan setiap bulan, ada pula audisi nasional yang digelar bekerja sama dengan pihak-pihak tertentu. beberapa artis JYP yang berasal dari audisi publik yaitu Leader Wonder Girl Sunye dan penyanyi lim Jeong Hee. Wooyoung 2PM adalah salah satu artis yang berhasil dalam audisi nasional. Selama menjadi training, para murid tarining JYP menjalani pelatihan vokal, tari, bahasa asing dan sebagainya. Namun porsi training bagi tiap murid berbeda-beda tergantung kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Mungkin hanya YG entertaiment yang memiliki sistem perekrutan murid training yang berbeda. YG jarang mengadakan audisi publik. Bagi Yeng Hyun Suk (pimpinan YG) yang terpenting dari adalah “sebelum menjadi penyanyi kamu harus menjadi diri sendiri” Pernah suatu kali YG menggelar audisi publik tapi tak ada satupun dari para peserta yang direkrut menjadi murid training. Biasanya mereka mentraining artisnya mulai dari usia muda sekitar kelas 1 smp seperti taeyang dan G-dragon dari Bigbang. Pelatihan yang dijalani selama menjadi murid training meliputi pelatihan vokal, pelatihan tari, belajar bahasa asing terutama inggris dan mandarin serta latihan fitness untuk membentuk tubuh.

gimana? susah juga yah buat jadi artis di korea sana apalagi sejak menjadi murid training mereka selalu dididik untuk mendahulukan kepentingan pelatihan ketimbang kepentingan pribadi. Jadwal training yang padat menharuskan mereka jarang bisa berkumpul bersama keluarga. Belum lagi ketika sudah debut, para artis ini harus menyadari bahwa mereka adalah milik publik, sudah sedikit ruang untuk privasi. Gak boleh bertingkah macam-macam karena tingkat cyber attack di sana cukup parah. Salah ngomong dikit ajah langsung di teror. ckckck

buat semua artis dan calon artis, selalu semangat… Hwaitting…!!!

sumber: Asian Plus

3 Tanggapan

  1. oh gt ya…bgs jg artikelnya…smoga bs terus ngasih info2 yang keren…thx…

  2. suka banget artikel ini

  3. kerasnya proses training di korea dan persaingan disana mungkin yang menyebabkan banyak artis korea yang bunuh diri

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: