Gonta-Ganti Personil [part 1-girlband]

Untuk postingan kali ini, gw mau bahas tentang girlband yang pernah atau sering gonta-ganti personil. Sebenarnya ada banyak banget Girlband yang pernah mengalami bongkar pasang member. Tapi cuma beberapa ajah yang gw mau bahas. Lets check this out…!!!
Setiap kali sebuah Girlband akan debut, pasti mereka sudah dipersiapkan secara matang dan dengan formasi yang tetap pula. Tapi, dalam perjalanan karier girlband tersebut, tidak jarang banyak rintangan atau masalah yang mereka hadapi untuk bisa mencapai kesuksesan. Contohnya adalah gonta ganti personil. Banyak alasan yang bisa melatar belakangi kenapa sebuah grup sering mengalami hal ini. Ada member yang merasa tidak lagi cocok untuk meneruskan karier bersama di grupnya, adalah pula yang keluar dengan alasan pribadi misalnya karena kesehatan atau karena ingin fokus pada pendidikan.
Setiap member yang keluar kemungkinan besar akan digantikan oleh member baru. Tapi masalah tidak berakhir seperti itu saja karena dengan masuknya member baru pasti dia harus beradaptasi dengan member yang lama dan begitu pula dengan sebaliknya. Tidak hanya itu, member yang baru pun harus beradaptasi dan harus memberikan kesan yang bagus kepada para fans agar ia bisa diterima secara penuh.
1. Wonder Girls
Wonder Girls dengan formasi pada saat mereka debut adalah Lima orang dengan personil: Sunye (leader), Ye Eun, So Hee, Sun Mi dan Hyun A. Mereka debut dengan lagu Irony.
Namun sayangnya pada saat mereka tengah merampungkan album pertama ‘the Wonder Years’ Hyun A terpaksa keluar dari Wonder Girls karena masalah kesehatan. Posisi Rapper yang kosong sepeninggal hyuna akhirnya digantikan oleh Yubin seorang trainer yang berasal dari Good Entertaiment.
Dengan Wonder Girls Formasi baru, mereka jadi daebak banget karena lagu ‘Tell Me’ yang jadi Hits di tahun 2007. Semua orang korea pada saat itu terkena demam Tell Me, parodynya juga sering banget ditirukan oleh orang-orang termasuk para aris korea juga. Selain itu, mereka juga laris manis jadi bintang iklan.
Gak pengen dikenal sebagai grup yang one hit wonder, maka di pertengahan 2008 mereka merilis mini album dengan lagu andalan ‘So Hot’ dan juga merilis lagu ‘nobody’ di mini album ketiganya.
Selama tahun 2009 Wonder girls disibukkan dengan invasi musik ke Amerika. Mereka lumayan sukses disana, selain merilis lagu Nobody ver English yang berhasil masuk BilBoard Amerika, mereka juga jadi Girlband pembuka tur The jonas Brother.
Tapi Sayangnya, di awal januari 2010, seluruh kpop lovers dikejutkan dengan pernyataan resmi JYPent (manajemen Wonder Girls) bahwa Sun mi akan keluar dari Wonder Girls karena dia ingin fokus pada pendidikannya.
Dan dia bakal di gantikan oleh trainer JYP asal cina Hye Lim.
Let see apakah dengan hye lim, Wonder girls formasi baru akan tetap mendulang sukses yang sama seperti sebelumnya. Baca lebih lanjut
Iklan

Happy Chuseok….!!! & Polling: Siapa yang paling bagus memakai Hanbok

Tanggal 3 oktober nanti orang Korea akan merayakan hari Chuseok atau hari Thanksgiving. Istilah Chuseok atau hari panen Korea adalah hari libur terbesar dalam setahun. Chuseok juga disebut sebagai “jungchujeol”, “hangawi”, “gawi” di Korea. dirayakan besar-besaran pada bulan ke-8 harike-15 kelender lunar. Perayaan ini berupa pesta makan untuk mengucapkan terima kasih atas keberhasilan panen.

makanan khas chuseok
makanan khas chuseok

Makna Chuseok
chuseok adalah hari tradisional dengan berbagai makna. Selain bertuuan untuk merayakan hasil panen yang berlimpah, juga masyarakat berupaya untuk tidak lupa kepada nenek moyang dan sebagai musim untuk berbagi dengan mereka yang kurang beruntung dan kepada keluarga dan sanak saudara serta kerabat. Pada zaman modern seperti sekarang ini, makna terbesar dari hari chuseok adalah reuni keluarga. Menyiapkan bingkisan telah menjadi tradisi selama chuseok. Secara keseluruhan Chuseok memiliki makna cinta pada keluarga, rasa terima kasih dan berbagi rejeki.

Ciri Khas Chuseok
> kembali ke rumah untuk berkumpul bersama keluarga (mirip-miriplah dengan tradisi mudik orang indonesia kalo lebaran)
> Ritual untuk para leluhur
> Eumbok (membagi makanan setelah upacara ritual)
> Membersihkan kuburan sekaligus Ziarah ke kuburan leluhur
> Kegiatan untuk menyambut bulan (berdasarkan tradisi kalau memanjatkan doa pada saat bulan purnama pada hari chuseok maka doa akan terkabul)

Di hari Chuseok nanti, stasiun-stasiun tv Korea telah menyiapkan acara-acara spesial chuseok. Seperti SBS special Idol Big Show, KBS2TV’s Shall we Dance, MBC’s Star Dance Battle Change!, & MBC’s Idol Girl Group Special:Sweeet Girl. Para bintang tamu dalam acara tersebut didominasi oleh para artis idola korea mulai dari SNSD, Big Bang, Super Junior, 2NE1, After School, Kara, 2AM, 4minute dan masih banyak lagi. Dari jauh jauh hari mereka telah menyiapkan special performance ini dan menjanjikan penampilan yang tidak biasa karena mereka akan melakukan banyak join stage. seperti Su”Butt” dengan lagu mister kara. Trus After School bakal nyanyi Button punya Pussycat Dolls dan masih banyak lagi yang spesial-spesial lainnya.


Aku yang bukan orang Korea ajah jadi excited Chuseok dengan acara-acara ini.

Polling
Di hari Chuseok biasanya para artis akan mengucapkan selamat hari chuseok kepada fans dan warga korea melalui TV atau Fancafe dengan memakai Hanbok (baju tradisional Korea), Seringnya sih artis cewek ajah yang memakainya tapi sekarang artis cowok juaga pakai. Tapi kali ini aku mau bikin polling tentang Siapa yang menurut kamu paling cantik/bagus pada saat memakai Hanbok

hanbok buat cewek
hanbok buat cewek

pic mereka pake hanbok under the cut

Baca lebih lanjut

Masa-Masa Training para idola Korea: Mesti menjalani pelatihan keras selama bertahun-tahun

Sering para orang biasa (termasuk aku) menganggap betapa menyenangkannya bisa menjadi idola di Korea. Menjadi artis tenar, tampil di TV, punya banyak fans dan mendapat banyak uang. Tapi banyak yang tidak tahu kalau untuk bisa menjadi artis yang tenar dan multi talenta mereka para idola ini harus menjalani pelatihan dalam masa training yang sangatlah ketat dan keras.

Idola-idola macam TVXQ, Super Junior, Big Bang, SNSD, 2NE1, 2PM, Wonder Girls dan masih banyak lagi pastinya sebelum mereka debut menjadi artis tentu terlebih dahulu harus merasakan susah payahnya menjadi murid training. Jika sekarang mereka bisa menikmati banyak fasilitas mewah, pada saat training dulu mereka hanya hidup pas-pasan dan mendapatkan fasilitas ala kadarnya dari perusahaan.

Namun menjadi murid training dari perusahaaan    besar macam YG, SM dan JYP bukanlah hal mudah.  Mereka harus menjalani audisi yang ketat sebelum akhirnya terpilih menjadi murid training. Sistem audisi setiap perusahaan berbeda. Disamping mengadakan audisi reguler (Yoona SNSD perlu menjalani 200 kali audisi macam ini sebelum akhirnya diterima menjadi murid training), SM sering mengadakan kompetisi menyanyi dalam Youth Best Selection. Beberapa artisnya yang ditemukan lewat ajang ini adalah Hero dan Max TVXQ, Shindong dan Kangin Super Junior serta aktris Go Ara. Selain itu sering pula mereka mengadakan audisi Global di Amerika dan Asia, beberapa yang lolos dalam audisi macam ini adalah Micky TVXQ, Henry Super Junior M, Hangeng Super Junior, Victoria serta Amber f(x). Saat ini banyak pula yang tidak pergi audisi secara langsung melainkan dengan hanya mengirimkan contoh demo kaset ke pihak SM, jika mereka menyukai demo tersebut maka sang pengirim bisa dipanggil untuk menjalani audisi lanjutan. Hanya beberapa artis SM yang beruntung ditemukan oleh pencari bakat. Kangta di temukan pada saat bermain di rena Lotte World, Seo Hyun SNSD ditemukan oleh pencari bakat di kereta api bawah tanah malah Tiffany SNSD yang ditemukan pencari bakat di Toilet umum.

Selama menjadi murid traing SM, mereka mendapatkan pelatihan tari, Vokal, akting, bahasa asing serta mengubah lagu. Lama masa mereka training pun dapat memakan waktu bertahun-tahun. Jessica, Sooyoung dan Hyoyeon SNSD bahakan menjalani training selama 7 tahun, Eeteuk dan Donghae juga cukup lama menjalani training yaitu sekitar 6 tahun.

Baca lebih lanjut

Leader Superior & Inferior…

Kalo baca postingan kali ini pasti orang-orang pada pikir kayaknya aku hobi banget ngomongin dan bikin polling tentang Leader grup band di korea. Setelah beberapa waktu lalu aku bikin polling Leader Boyband mana yang paling cakep, kali ini aku mw bikin polling tentang leader boy/girl band mana yang menurut orang2 Superior dan inferior di grupnya. Gak ada maksud tertentu sih cuma kalo menurut aku, ngomongin leader grup tuh gak ada habisnya coz banyak hal yang bisa dibahas dari posisi mereka ini. Mulai dari sapa leader yang lebih ganteng (kayak polling ku kemarin) trus bisa juga ngebahas tentang gimana cara sang leader ini memimpin Grupnya apakah leye-leye (kalo leye2 gag mungkin ditunjuk jadi leader yag?),  penuh perhatian, cerewet ngatur member dan masih banyak lagi.

Kali ini kan bikin Polling tentang Leader mana yang superior dan inferior di grupnya. Maksud Superior disini adalah leader yang menonjol di grup, dapat banyak porsi menyanyi dalam lagu, dan punya fans yang paling banyak serta selalu mendapat tempat yang srategis di setiap sesi pemotretan. Inferior yah kebalikan superior, artinya sang leader sendiri gag terlalu menonjol dlm grup, porsi nyanyinya gak banyak, di grup bukan dia yang punya fans yang paling banyak dan kalo difoto jarang diposisi yang strategis (jarang dapat tempat paling depan atau di tengah).
Setelah mungkin ada yang ngevote, bisa langsung baca bahasan aku tentang leader mana yang menurut aku superior dan inferior (sekali di tegaskan, ini menurut aku yag jadi ini bukan hasil dari pollingnya)

Yuk kita bahas, Yuuuuk *dengan gaya Fitrop di Narsis.TV* Baca lebih lanjut

BoyBand & GirlBand selalu beriringan…

Aduh,,, dah lama banget gak ngepost nih. Coz lama gak ada bahan nih, bikin berita sendiri ilham na jarang mampir di otak… hhihihi

Baru sekarang deh sempet ngepost lagi, saya dah dapat ilham rupa na. Keseringan baca post2 di blog indo lain bikin pengetahuan tentang Kpop bertambah, jadi banyak tahu grup-grup lain (maklum, dulu cuma tau suju doank :p).

Biasanya kalo ada grup yg dikomen bagus yah penasaran juga liat mv2 na, di donlot deh supaya nyaman ditonton di rumah. Pengalaman donlot2 itulah yang bikin aku semakin ngeh dengan keberadaan grup2 lain ntu n ujung2nya bermuara pada kesimpulan bahwa kalo dari beberapa perusahaan entertaiment besar pasti punya boyband dan girlband yang satu paket.

Nggak itu SM ent, JYP ent, YG ent ato DSP ent semuanya punya Boyband trus gak lama di bikin pula grup versi ceweknya.
nih dia pic Grup2nya
*SM entrtaiment
1. TVXQ-CSJH
dbsk-csjh

2. Super Junior-Girls’ Generation

super junior-SNSD

3. Shinee-(grup ce yg dalam waktu dekat bakal debut, salah satu membernya adalah adeknya Jessica SNSD, blom jelas apa nama grup na)

shinee_amigo_promo

[EDIT] 

Girl band baru orbitan SM yaitu f(x), gak salah juga sih di sebut Shinee versi cewek karena anggotanya juga 5 orang. Tapi lagu-lagu mereka asyik juga loh…

artike lengkap mengenai mereka ada di sini

*JYP entertaiment
1. Wonder Girls-2PM (ku tulis wg duluan krn WG emang debut lebih dulu :P)

wonder Girls-2PM

*YG entertaiment
1. BigBang-2NE1 (2ne1 is my fave*curcol*)

bigbang-2NE1

* DSP entertaiment
1. SS501-Kara

SS501-Kara

* Cube entertaiment
1. 4minute-2AM (kasian 2AM di transfer ke cube T.T)

4minute-2AM

[edit]

Ternyata 2AM gak di transfer ke Cube kok, mereka tetap dibawah label JYPent. Maaf buat kesalahan informasinya. dan sekarang Grup Cowok yang di orbitkan Cube adalah BEAST

*dunno nama manajemennya
1. FT Island-Burning L (tapi grup2 ini yang paling gak aku ikutin kiprahnya di dunia KPop, mian..)

FT Island-Burning L

Diliat-liat dari daftar diatas, kayaknya grup2 SM banyak banget yak? Blom lagi penyanyi Solo kayak Boa jga di bawah manajemen SM. Untung gak di bikin Boa Versi Cowok. Tapi dengan banyaknya grup orbitan SM bikin artis2 dari SM sangat mendominasi di dunia KPop. TVXQ yang debut 2004 langsung bisa merebut perhatian Asia dan sekarang jadi Boyband nomor 1. CSJH gak kalah ngetopnya, apalagi di jepang n China. Super Junior yang notabene the biggest korean boyband gara2 personilnya yang banyak banget. SNSD yang saat ini disebut sbg Queen of album sales krn album n mini albumnya selalu laris manis. Shinee juga punya ciri tersendiri, meski formasi personilnya sama dengan TVXQ tapi mereka punya musik yang berbeda dan ternyata disukai oleh penggemar KPop. Buktinya, Shinee berhasil meraih beberapa Trofi penghargaan sebagai Rookie of the year. SaLut to SM, tinggal dinantikan nih kiprah girlband barunya:D

Gimana dengan Grup2 dari manajemen lain? apa mereka gak terkenal? jawabannya tentu saja Mereka juga Terkenal dan juga punya Fans Fanatik. Tapi beda manajemen pasti juga beda cara promosi artisnya. Kalo JYP bikin aku pribadi seneng dengan cara mereka membuat Fans merasa lebih dekat dengan Si Artis, apalagi fans non-korea. JYP sadar kalo artisnya gak cuma di sukai di korea ajjah, tapi juga di negara-negara lain makanya mereka bikin official Youtube dan official twitter WG n 2PM supaya fans yang ngerti hangul bisa ngasih pesan2 atau sekadar say “hwaitting” ke idolanya. Kalo aku Tentunya with konglish yang kebanyakan englishnya 😛
YG ent lain lagi. Menurutku, perusahaan ini gak mementingkan tampang artis2 orbitannya. YG betul2 menjual bakat dan kemampuan entertaiment sang idola. Contohnya BigBang yang lagu2 hitsnya ternyata diciptakan sendiri oleh sang leader Gdragon. 2NE1 yang baru banget debut tapi langsung jadi perhatian karena lagu2nya yang emang keren-keren (aku sendiri terkena demam 2NE1, coz baru kali ini bela-belain donlot semua isi mini albumnya. Kalo grup lain biasanya cuma koleksi lagu yang di jadikan hits ajjah)

another singer: Rain-Son Dambi

rain1 200706051930087981

Meski gak berasal dari satu manajemen tapi waktu son dambi debut dulu, dia sering banget di sebut2 oleh media n para netizen sebagai Rain versi cewek. Aku pribadi seneng dengan Dambi, coz dia cantik n lagu Saturday night yg keci bikin aku jatuh hati. Lagian sekarangkan Rain di bawah labelnya sendiri bakal ngorbitin penyanyi cewek yang katanya pribadi adalah Rain versi Cewek… Oke, Lets see)

Mungkin masih banyak lagi artis idola versi cewek ato versi cowok yang gak disebutkan. Mian yag, Pengetahuan Kpop ku juga masih terbatas.  Masih perlu banyak belajar dengan ngubek-ngubek internet. Hheheheh 😛

Korean singer Look Like….

melihat saat ini dah banyak banget bermunculan artis dan penyanyi di korea, iseng-iseng aku bikin daftar dari para penyanyi yang wajahnya mirip dengan penyanyi lain ataupun dengan artis lain yang notabene bukan penyanyi.

1. Rain-Junho 2pm: dengan mata sipit tanpa eyelip dan garis muka yang sama bikin aku pas pertama kali liat mv 2pm yang 10 out of 10 langsung jejerit liat junho yang menurut aku mirip banget sama rain. mungkin pak JYP seneng yah sama tipikal muka kayak gini? soalnya kita kan sama-sama tau kalo mereka debut di bawah bendera JYP Entertaiment cuman bedanya Rain di plot jadi penyanyi solo dan junho debut 2008 dengan menjadi personil boyband 2pm.

rain junho
rain junho

2. Sunmi Wonder girls-Ha jiwon: entah kenapa bahasan tentang kemiripan mereka berdua jarang ada, atau cuma aku doang yang nyadar yah? hhe… walaupun menurut aku wajah mereka mirip, tapi jalan mereka menjadi artis terkenal berbeda, Sunmi ditraining pada usia belia dan debut sebagai wonder girls pada saat masih SMP. sedang Ha Jiwon meniti karier sebagai aktris film dan serial, sempat juga merilis mini album tapi sayangnya gagal dipasaran.

sunmi
sunmi
ha jiwon
ha jiwon

3. Soo Hee Wonder Girls-Uee After School-Goo Hara Kara: tipikal wajah mereka disebut sebagai wajah yang sangat dicintai di korea. mungkin karena terlihat cute dan imut, apalagi kalo mereka tampil dengan imej ceria. tapi kayaknya yang paling beruntung adalah Soo Hee, karena diantara mereka dialah yang sukses debut duluan dan paling banyak fansnya dan bahkan sekarang sebagai Wonder Girls ia sedang bersiap untuk debut di Amerika.

soohee
soohee
uee
uee
goo hara
goo hara

4. SiWon Super Junior-Kangta-Jay Trax: awalnya aku cuma ngira kalo siwon ama kangta doang yang mirip. waktu di full house Heechul sering ngeledek siwon dengan memanggilnya sebagai kangta sunbae. tapi setelah nonton band of brother aku baru nyadar kalo Jay trax juga mirip ama Siwon. Jay juga bisa akting, bisa kita lihat penampilannya di serial Romance Zero bareng KangIn.

6a00d414154e90685e00d09e5590b5be2b-500pi kangta jay kim

5. Junjin Shinwa-Boom: secara pribadi, Boom sadar banget kalo dia mirip sama Junjin, dalam acara introducing star friend’s Boom cerita kalo dia dulu pernah ngaku-ngaku jadi junjin dan dengan pedenya ngasih tanda tangan sama fansnya junjin.

JunJin_off_to_the_Army_Soon-20081007120835 boom31yx2

mungkin masih banyak lagi penyanyi-penyanyi korea yang mirip satu sama lain, tapi aku baru ngehnya sama mereka2 yang ada di daftar diatas doang. Lain kali pengen ngubek-ngubek mv sama foto2 artis korea di internet lagi ah, sapa tau bisa nemu lagi yang mirip. hhehehe 😀